Friday, January 18, 2013

PROTEST THE HERO KUMPULKAN UANG MELEBIHI TARGET DARI PARA FANS

18 January 2013


Minggu lalu PROTEST THE HERO mengkonfirmasi telah menyelesaikan seluruh penulisan lagu untuk materi album baru namun tak seperti kebanyakan press release soal rencana merilis album, dalam kabar baru tersebut tak diterakan label mana yang akan menggarap.
Bukan hal yang sulit untuk ditebak penyebabnya memang dan yang kemudian diakuiPROTEST THE HERO bahwa sejauh ini mereka belum mendapatkan label yang dianggap cocok merilis album penuh keempat mereka tersebut.
Dalam tiga album sebelumnya, band progressive metal asal Ontario, Kanada tersebut merilisnya dibawah lisensi penuh Underground Operations termasuk “Scurrilous” sebagai album teranyar Rody Walker cs.
Tak kunjung menemui titik temu, membuat mereka mulai melakukan kampanye penggalangan dana dari para fans guna merealisasikan album keempat PROTEST THE HERO lewat layanan Indiegogo Campaign. “Kami telah menyelesaikan seluruh obligasi dengan label rekaman dan sekarang waktunya untuk melakukan sendiri dan mengontrol karir kami. Sekarang atau tidak sama sekali,” tekad mereka.
Rencananya PROTEST THE HERO membutuhkan dana sekitar $125 ribu. Namun dasar memang mereka termasuk band besar Kanada yang memiliki fans loyal yang tidak sedikit, dalam waktu dua jam kampanye saja sudah terkumpul $44ribu dan bahkan dalam satu hari sudah melewati target dengan mengumpulkan sekitar $140ribu dengan donasi terbesar pertama dari pesta pizza di rumah gitaris Tim Millar yang berhasil meraup $1250.
Sebenarnya kampanya ini sendiri ditargetkan selama satu bulan, namun hanya dalam dua hari PROTEST THE HERO sudah mengumpulkan dana $187ribu atau jauh melebihi target awal yang ‘hanya’ $125ribu. Sumbangan tersebut tercatat didonasi oleh lebih dari 4500 fans.
Kampanya penggalangan dana seperti ini memang bukan menjadi hal haram dan tak jarang banyak artis dan band yang berhasil melakukan melebihi target meski tak sedikit pula yang gagal meraup donasi. Semua tergantung bagaimana band tersebut berhasil mengkolektifkan bassist fans loyalnya. [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment