Friday, February 15, 2013

PROFIL JOEY JORDISON

@BANJARSARI UNDERGROUND
@BANJARSARI UNDERGROUND
@BANJARSARI UNDERGROUND


LATAR BELAKANG DAN FAKTA


Nama: Nathan Jonas Jordison (Joey Jordison)
Dijuluki: Superball

Nathan Jonas Jordison atau yang akrab disebut Joey Jordison ini lahir pada tanggal 26 April 1975 di Des Moines, Iowa. Joey adalah seorang drummer sekaligus gitaris asal Amerika Serikat, dikenal perannya sebagai drummer nu metal band raksasa SLIPKNOT selama 1990-an dan 2000-an, bahkan sampai sekarang.

Joey sendiri telah mengisi acara lagu dan berduet bersama drummer lainnya yakni John Dolmayan SYSTEM OF A DOWN di acara konser pada tanggal 31 Oktober 2001 silam. Selain berduet bersama John, Joey pun di panggil oleh mega band yaitu METALLICA untuk mengisi kekosongan posisi Lars Ulrich dengan alasan kesehatan di acara Download Festival pada tahun 2004 lalu. sebelum merilis album 'All Hope Is Gone' 2008, Joey mengikuti tour KORN dan mengisi posisi drum pada tahun 2007.


SEJARAH


Pada tahun 1982 silam ketika Joey berusia 7 tahunan, Joey melihat sebuah laporan yang menyatakan bahwa seorang bintang metal telah menggigit seekor kepala kelelawar yang membuat dirinya memacu kecintaanya kepada metal.

Drum kit pertama Joey ketika dia duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar atas pemberian orang tuannya, dan Joey disuruh merangkai drum kit tersebut yang berada di ruang bawah tanah rumahnya. Joey pun merangkai drum tersebut dengan posisi yang benar.

Setelah menduduki bangku SMA, Joey dan sepupunya Steve Allan White meneruskan bakat hebatnya tersebut dengan kursus drum jazz. Supaya membantu mengingkatkan kemampuan mendalamnya.

Setelah lulus SMA, Joey bekerja di sebuah pom bensin di Waukee, Iowa. Di sela-sela kesibukannya sebagai pegawai pom bensin, Joey sering bermain di berbagai band-band metal ekstrim di seluruh daerah Des Moines, Iowa, termasuk band MODIFIDIOUS dan ANAL BLAST ketika itu. Untuk terakhir kalinya Joey membentuk SLIPKNOT dan merilis album pertamanya pada tahun 1996 dengan berjudul "Mate. Feed. Kill. Repeat". Hanya 1000 eksemplar yang pernah dibuat dan dijual di seluruh dunia. SLIPKNOT mendapatkan perhatian yang signifikan dengan album keduanya dan menduduki peringkat ke 51di Billboard Chart, Joey dan kawan-kawan bermain pertamanya di acara Ozzfest Tours pada tahun 2001 silam.

Album lain SLIPKNOT yaitu "Iowa" dirilis pada tahun 2001 dan menjadikan SLIPKNOT menjadi band super bintang dengan menduduki peringkat ke tiga Billboard dalam tangga lagu Amerika dan menduduki peringkat ke satu di Inggris dan menjadi lagu nasional untuk wilayah Kanada. Setelah keliling dunia tanpa henti, akhirnya SLIPKNOT memutuskan untuk hiatus untuk sementara.

Selain di SLIPKNOT, Joey masuk dalam band video untuk MARILYN MANSON yang berjudul "Tainted Love". Pada tahun 2002 Joey membentuk side-project dengan WEDNESDAY 13 dan TRIPP EISEN dan membentuk band terpopuler kedua baginya bersama MURDERDOLLS.

Untuk MURDERDOLLS, Joey bermain sebagai gitaris sekaligus tanpa menggunakan topeng. MURDERDOLLS sendiri merilis sebuah album yang berjudul "Beyond the Valley of the Murderdolls". The glam metal/ horror punk ini menjadi populer di tanah Inggris dan Cina.

Sejak kembalinya Joey ke SLIPKNOT, Joey merilis album yang ke empatnya dengan berjudul "Vol. 3 (The Subliminal Verses)" dirilis pada tahun 2004 silam. Album ini pun menduduki peringkat ke dua di Billboard Chart dan menduduki peringkat kedua juga di bagian Inggris.

Pada tahun 2004 silam Joey dan drumer lain seperti Dave Lombardo menggantikan posisi yang diisi Lars Ulrich untuk bandnya METALLICA pada acara Download Festival di Donington Inggris dan Joey memainkan hampir semua lagu untuk METALLICA. Di bulan Desember 2004 juga, Joey mengisi posisi drumer untuk band black metal asal Norwegia, yaitu FROST.


ROADRUNNER RECORDS


Baru-baru ini Joey menjadi peran yang sangat besar terhadap perusahaan rekaman raksasa Roadrunner Records atas memperingati 25 tahun berdirinya Roadrunner Records dan sekaligus label untuk SLIPKNOT maupun MURDERDOLLS. Joey mendatangani sebagai salah satu dari empat kapten tim untuk Roadrunner Records. Joey di Roadrunner sendiri berperan sebagai mengorganisir sebuah band inti dari musisi lainnya, dari dulu sampai sekarang pada label Roadrunner.


TOPENG


Ada makna dari setiap personel anggota SLIPKNOT. Mereka menggambarkan refleksi dari kepribadian sendiri atau dari pengalaman pribadi di masa lalu. Joey sendiri memakai topeng Jepang yaitu Noh, yang mencerminkan sebagai pengalaman pribadinya, ketika ibunya mengenakan masker saat ibunya pulang dari pesta Halloween di saat Joey masih muda. Joey menggunakan topeng putih polos untuk album pertamanya "Mate. Feed. Kill. Repeat", dan untuk album "Iowa" Joey menambahkan garis-garis dan sedikit bintik-bintik untuk topengnya. Joey menggunakan topeng berwarna abu-abu ketika Joey hadir dalam acara penghargaan.


FAKTA


  • Joey seorang drummer yang terpercaya sekaligus seorang gitaris.
  • Joey selalu banyak bicara dan joey pun orang terpendek di antara personel SLIPKNOT yang lainnya sekaligus personel asli SLIPKNOT
  • Joey sedniri yang menciptakan Maggots untuk fans SLIPKNOT
  • Joey telah banyak menulis lagu diantaranya yang muncul untuk lagu "Scissors" yang muncul dalam album self-titled.
  • Selain nama Joey yang terkenal, Joey sendiri terkenal dengan nama Superball.
  • Sebelum menjadi super star untuk SLIPKNOT, Joey bekerja di sebuah toko kaset yang bernama Music land, bekerja disebuah pom bensin yang bernama Sinclair, dan bekerja di sebuah garasi empat malam dalam seminggu selama 10 jam.
  • Joey lulus dengan pujian di perguruan tinggi.

LITTLE PEOPLE


Joy sering menggunakan sweater yang bertuliskan "Little people, Kill People". Logo S sendiri Joey lah sebagai pencetus nya, dan kemudian dijadikan tato di lengan Anders. Joey sendiri yang mendesain kata dari SLIPKNOT, Joey mengedit huruf K dan T dari Slipknot menjadi SlipKnoT. Joey pencinta dari super band yaitu BLACK SABBATH.


HOBI


  • Video Game/ Playstation
  • Tidur
  • Seks

No comments:

Post a Comment