Friday, May 17, 2013

5 FESTIVAL MUSIK ROCK TERBESAR DI DUNIA



Acara festival konser bisa diadakan diberbagai jenis lokasi termasuk di pub, klub malam, rumah, konser arena dan bahkan di tempat olahraga (stadion). Konser yang diadakan disuatu tempat yang sangat besar kadang bisa disebut dengan konser arena. Berbicara tentang konser, ada lima festival konser terbesar di jagad raya. Mari kita simak bersama-sama dimulai dengan urutan pertama.




NO. 1 ROCK AM RING

NURNBERG, JERMAN

@BANJARSARI UNDERGROUND
@BANJARSARI UNDERGROUND

ROCK AM RING adalah festival musik terbesar di Jerman dan bahkan menjadi salah satu festival musik terbesar di dunia, dengan kehadiran penonton tercatat sebanyak 150.000 pada tahun 2007. ROCK AM RING menjadikan tempat festival cadas diseluruh dunia.

SEJARAH SINGKAT:
ROCK AM RING awalnya hanya sebuah parade musik rock biasa pada tahun 1985 silam. Sukses komersial dengan meraup penonton sebanyak 75.000 disaat itu. ROCK IM PARK berlangsung pertama diselenggarakan di kota Wina, pada tahun 1994 ROCK IM PARK berpindah tempat ke bekas bandara Munich, Jerman. Di tahun berikutnya pindah ke Munich Olympiastadion yang dimana hanya bertahan sampai 1995 dan 1997. Sejak awal tahun 1997 sampai sekarang kota Nurnberg resmi menjadi tuan rumah sebagai tempat dimana ROCK AM RING diselenggarakan. Silahkan simak video BULLET FOR MY VALENTINE di acara ROCK AM RING 2013.







NO. 2 DOWNLOAD FESTIVAL


DONINGTON PARK, INGGRIS

@BANJARSARI UNDERGROUND @BANJARSARI UNDERGROUND

SEJARAH SINGKAT:
Acara DOWNLOAD FESTIVAL muncul di tahun 2003 silam sebagai tindak lanjut dari MONSTER OF ROCK FESTIVAL yang telah diselenggarakan di sirkuit Donington Park, Inggris pada tahun 1980 dan tahun 1996.

Nama DOWNLOAD dipilih karena ada dua alasan. Pertama, mendownload adalah kata kotor dalam perindustrian musik pada saat itu, karena adanya file sharing. dan ROCK adalah dipandang sebagai pemberontak genre musik. Dan kedua, DOWNLOAD adalah MONSTER OF ROCK untuk abad ke-21, dan internet akan menyediakan konektivitas dengan penontonnya. Silahkan simak video SLIPKNOT di acara DOWNLOAD FESTIVAL 2009.





NO. 3 WOODSTOCK MUSIC FESTIVAL


NEW YORK, AMERIKA SERIKAT

@BANJARSARI UNDERGROUND @BANJARSARI UNDERGROUND

THE WOODSTOCK FESTIVAL yang terjadi di dekat Woodstock, New York. Pada 16 Agustus 16 dan 17, 1969. Dan yang menjadi simbol dari tahun 60-an counterculture Amerika Serikat dan menjadi tonggak untuk sejarah musik rock.

Menonjol diantara mereka yang hadir itu adalah anggota counterculutre, yang juga sering disebut dengan hippie yang khas menolak matrealisme dan otoritas. WOODSTOCK FESTIVAL didirikan oleh empat kalangan muda diantaranya Michael lang yang manajer sebuah band rock, Artie Kornfeld seorang eksekutif di capitol dan dua modal ventura yakni John Roberts dan Yoel Rosenman. Silahkan simak video RAGE AGAINST THE MACHINE di acara WOODSTOCK FESTIVAL 1994.





NO. 4 ROSKILDE FESTIVAL


ROSKILDE, DENMARK

@BANJARSARI UNDERGROUND @BANJARSARI UNDERGROUND

Anak muda di Eropa pastinya mengenal ROSKILDE FESTIVAL tanpa mengetahui apa tentang kota Roskilde. Setiap tahun tepatnya pada bulan Juli, 170 band bermain di hadapan 80.000 penonton. Meskipun ROSKILDE FESTIVAL salah satu festival rock tertua di dunia, ROSKILDE FESTIVAL mampu melahirkan nama musik dan bakat-bakat baru.

Di tahun 2007 ROSKILDE FESTIVAL menyajikan band dari BEASTIE BOYS, BJORK, MUSE, QUEENS OF THE STONE AGE, RED HOT CHILI PEPPERS, TIESTO, THE WHO dan 160 band lainnya. ROSKILDE FESTIVAL dijalankan oleh organisasi non profit THE ROSKILDE FESTIVAL SOCIETY.

Hasil dari keuntungan disumbangkan kepada tujuan kemanusiaan dan budha. ROSKILDE FESTIVAL sendiri telah memberikan santunan sebesar 11 juta Euro untuk korban perang di Irak. Doctors Without Borders, Amnesty International, Save the Children, World Wildlife Fund (WWF) dan banyak lain lagi. Silahkan simak video MUSE di acara ROSKILDE FESTIVAL 2010.





NO. 5 ROCK ON THE RANGE


COLUMBUS / WINNIPEG

AMERIKA SERIKAT

@BANJARSARI UNDERGROUND @BANJARSARI UNDERGROUND

ROCK ON THE RANGE adalah festival tahunan yang diadakan di dua tempat berbeda di Amerika Serikat yaitu di Stadion Columbus Crew, Columbus, Ohio dan di penginepan Canad Stadion di Winnipeg, Manitoba. ROCK ON THE RANGE sendiri menampilkan sebagian besar band rock dengan band kasik. Dimana band klasik menjadi bang pembuka acara festival tersebut.

ROCK ON THE RANGE memulai debutnya pada tahun 19 Mei 2007 di Columbus dan 27 Juni 2009 di Winnipeg. Silahkan simak video EVANESCENCE di acara ROCK ON THE RANGE Winnipeg di tahun 2011.

[Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment