Wednesday, May 8, 2013

SYSTEM OF A DOWN TAK KUNJUNG GARAP ALBUM BARU, SHAVO ODADJIAN SALAHKAN SERJ TANKIAN

May 21, 2013


Shavo Odadjian, bassist SYSTEM OF A DOWN [SOAD] tiba-tiba membuat komentar tentang kenapa bandnya belum juga berencana menggarap dan merilis album baru. Menurut Shavo, hal itu belum terlaksana karena sang vokalis Serj Tankian tak ingin membuat album baru. Kata-kata Shavo ini kemudian direspon oleh band demi meredam potensi rumor keretakan di tubuh band.



Shavo menulis melalui Facebook dalam beberapa kali postingan. Intinya dia menyalahkan Serj Tankian tentang kenapa SOAD belum juga merilis album baru. 

“Baiklah....aku mau blak-blakan.... sebenarnya bukan kami [Daron, John atau Shavo]. Tapi Serj yang tak ingin bikin album baru!!! Jadi tolong berhenti mengusik kami tentang hal itu!!! Kami ini cuma menunggu Serj. Dia mungkin akan membenciku karena sudah membeberkan hal yang sebenarnya. Tapi aku terpaksa [malakukannya].” Tulis Shavo tanpa tedeng aling-aling.

“Maaf semuanya!!! Kami sebenarnya berusaha merilis album, tapi terhalangi oleh Serj! Aneh rasanya, kami memulai band ini bersama-sama, tapi sekarang dia malah membiarkan band ini!!! Apakah kami harus merilis album lagi??? Sedangkan aku...aku siap merilis album dengan orang yang ingin jadi vokalis SYSTEM, bukan orang yang kami harus memohon-mohon padanya untuk menjadi bagian dari SYSTEM!!  Bagaimana menurut kalian? Asal tahu saja, dia [Serj] sudah membiarkan band ini selama tujuh tahun sampai saat ini. Kalian mau menunggu sampai 4-5 tahun lagi? Atau kami harus merilis album tanpa Serj? Apa pendapat kalian?”

“Aku tak mau bikin album tanpa dia...tapi jika dia tak mau bikin album, apakah kami bertiga harus terus duduk menunggu? Ah tidak keren!!! Aku ingin seluruh fans di dunia mengatakan pendapat mereka. Tidak ada SYSTEM? Atau SYSTEM dengan vokalis baru yang juga bagus atau bahkan lebih baik? Plus lagu-lagu SYSTEM yang baru dan juga tur? Berikan pendapat kalian!!! Apakah SYSTEM lebih baik tanpa vokalis atau dengan orang yang semangat untuk menjadi vokalis baru kami? Kalian yang putuskan...karena aku bingung.”

“Aku tak ada maksud menjelek-jelekkan Serj. Jika dia ingin jadi bagian dari band, itu tak masalah. Tapi jika tidak? Apa yang kalian harapkan dari kami bertiga? Kami sangat ingin album baru SYSTEM. Semoga saja Serj bersedia. Tapi jika tidak, aku akan bergerak membuat rekaman SYSTEM tanpa dia!!! Aku kesal dia membiarkan kami seperti ini, tapi kami harus melakukan sesuatu agar band ini tatap hidup!! Setuju?

Pernyataan Shavo itu kemudian direspon –juga melalui Facebook- oleh SYSTEM OF A DOWN. Band alternative metal itu mengatakan bahwa pernyataan Shavo tersebut sesat dan tidak benar. Band juga menegaskan bahwa SOAD akan tetap jalan dengan line-uplengkap meski memang belum ada rencana bikin album baru.

“Hari ini Shavo mengeluarkan beberapa pernyataan di Facebooknya yang tidak merefleksikan perasaan SYSTEM OF A DOWN sebagai band secara keseluruhan. Pernyataan-pernyataan tersebut adalah sesat dan nampaknya dibuat dalam kondisi sementara yang membuatnya menilai secara buruk. Untuk jelasnya, lineup band lengkap yaitu Serj, Daron, Shavo dan John akan tetap menjalani segala jadwal tur. Sementara tentang album baru SOAD, meski kami belum ada rencana untuk ke sana, kami percaya bahwa  tetap mempertahankan keutuhan kami berempat untuk menggarapnya, adalah cara paling benar bagi kami maupun bagi fans kami.”


Tahun lalu, Serj Tankian sempat berkomentar bahwa memang belum ada rencana untuk album baru bandnya. “Kami belum ada rencana bikin album baru. Kurasa hal itu adalah sesuatu yang akan kami lakukan dalam waktu yang tepat, saat kami semua punya ruang untuk berpikir dan mampu melakukannya. Tapi ya, itu belum tiba saatnya. Jadi ya sebaiknya ditunggu saja saat waktunya tiba.” Kata Serj kepada Billboard.com.

Setelah sempat merilis lima album yang semuanya berhasil menyebet platinum di Amerika Serikat antara tahun 1998 hingga 2005, SYSTEM OF A DOWN memasuki masa hiatus sejak tahun 2006 saat para personilnya sibuk dengan berbagai macam project personal. Pada 2010 band ini kembali bereuni dan tampil di beberapa gelaran festival di Eropa pada 2011.

SYSTEM OF A DOWN terakhir kali merilis album pada 2005 lewat double album“Mesmerize/Hypnotize”. Album ganda ini dirilis dalam rentang waktu enam bulan. “Mezmerize” dirilis pada Mei 2005 dan sampai saat ini telah terjual sebanyak 10 juta kopi di seluruh dunia.  Sementara “Hypnotize” dirilis pada November 2005 . Album ganda ini digarap bareng produser kondang Rick Rubin.

Saat ini SYSTEM OF A DOWN masih terus menggelar tur dan show. Mereka masih punya jadwal manggung di Amerika Serikat dan Eropa hingga bulan Agustus 2013 mendatang. [Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment