Thursday, May 9, 2013

POLEMIK PEMBERIAN BASSIS METALLICA KEPADA JOKOWI JADI PERHATIAN MEDIA INTERNASIONAL

08 Mei 2013


Polemik pemberian bass milik personil Metallica, Robert Trujillo, kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, rupanya mengundang perhatian beberapa media internasional. Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa Jokowi belum lama ini mendapat hadiah dari Trujillo berupa bass berwarna coklat, lengkap dengan tulisan dan tanda tangan dari bassis berambut panjang tersebut yang bertuliskan: “Giving Back!  Jokowi Keep Playing That Cool Fungky Bass!”
Hal tersebut memicu polemik, karena meskipun Jokowi merupakan penggemar Metallica, posisinya sebagai pejabat publik mau tak mau harus melaporkan setiap barang yang diterimanya kepada KPK. Sesuai dengan Pasal 16 Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pasal 12B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, setiap pejabat atau penyelenggara negara wajib melaporkan pemberian yang diterimanya. Pemberian itu wajib dilaporkan ke KPK paling lambat 30 hari setelah penerimaan.
Pemberian bass ini rupanya tidak hanya menarik perhatian publik Indonesia, tapi juga dunia internasional. Situs Al-Arabiya menurunkan tulisan dengan judul “Indonesian governor surrenders Metallica Guitar”. Hal yang sama juga ditulis oleh Australia Network news, abc.net.au.
Situs majalah metal internasional asal Inggris, Metal Hammer juga memberitakan hal yang sama dengan judul: “An Indonesian Governor Has Had To Surrender A Metallica Guitar To Anti-Corruption Authorities.” Dalam tulisan tersebut, Metal Hammer menyebutkan hal ini sebagai peristiwa yang ‘agak aneh’. Loudwiresebagai situs pemberitaan musik rock asal Amerika Serikat pun mengabarkan hal yang serupa dengan menulis: “Autographed Metallica Bass Leads to Jakarta Goverment Investigation.”
Bass bermerek Ibanez ini sendiri telah dilaporkan Jokowi kepada KPK pada Senin (6/5) lalu. Sebelumnya, Jokowi menerima bass itu melalui promotor Jonathan Liu yang menemui Jokowi di Balaikota DKI Jakarta beberapa waktu lalu, setelah Liu bertemu dengan Trujillo di Amerika Serikat. Selaku promotor, Liu berencana menggelar konser Metallica di Jakarta. Rencana konser Metallica ini disambut baik oleh Jokowi.
Jokowi memang dikenal menggemari musik cadas. Selain Metallica, mantan Walikota Solo ini juga menyukai band-band lainnya seperti Led Zeppelin, Judas Priest, Deep Purple, Napalm Death, dan juga Lamb of God.

No comments:

Post a Comment