Tuesday, June 25, 2013

10 FAKTA TENTANG ALBUM 'KILL 'EM ALL' METALLICA

METALLICA

Tanggal 25 Juli 2013 kemarin tepat pada perayaan ulang tahun 30 tahun atas rilisan album sang legendaris METALLICA 'Kill 'Em All' sekaligus momentum yang dikeluarkan oleh METALLICA, jadi tidak heran jika album ini yang mengantarkan mereka menjadi sebuah band raksasa dunia.

Judul album dengan cover yang sangat provokatif, 'Kill 'Em All' menjadi tonggak METALLICA. Album ini sendiri adalah album yang terlaris dalam sejarah musik khususnya metal.

Dibalik album ini ada fakta-fakta yang menarik dari nama album, Pencetus yang menciptakan nama tersebut dan hal-hal menarik lainnya. Mari kita simak one by one.



NO. 1 'METAL UP YOUR ASS' NAMA SEBELUM TERBENTUKNYA 'KILL 'EM ALL'
METALLICA 'METAL UP YOUR ASS'

Sebelum dinamai 'Kill 'Em All', tercetus sebuah nama 'Metal Up Your Ass' untuk nama album ini. Mereka tidak memperdulikan dengan masalah nama. Dan mengajukan nama tersebut ke sebuah label perusahaan rekaman, mereka sendiri sudah menyiapkan sebuah artwork untuk album ini.

 Dari pihak label Megaforce tidak menyetujui atas nama dan artwork tersebut, pihak label sendiri memaksa METALLICA untuk menggantinya secara keseluruhan.


NO. 2 CLIFF BURTON SANG PENCETUS NAMA 'KILL 'EM ALL'
CLIFF BURTON

Cliff Burton lah yang mengganti nama 'Metal Up Your Ass' menjadi nama abadi 'Kill 'Em All' untuk album METALLICA.

Dimana ide tersebut keluar disaat anggota lain sedang sibuk dan bingung mencari sebuah nama yang tepat untuk album. Sang almarhum mengatakan "kenapa tidak 'Kill 'Em All' saja? dan pada akhirnya nama tersebut disetujui oleh rekan-rekan bandnya dengan sebuah artwork yang begitu ikonik hingga sekarang ini.


NO. 3 AKHIR PERJALANAN DAVE MUSTAINE UNTUK METALLICA
BANJARSARI UNDERGROUND - 10 FAKTA TENTANG ALBUM 'KILL 'EM ALL' METALLICA

Sebelum menggarap untuk album ini, METALLICA membuat keputusan dengan mengeluarkan Dave Mustaine dari band. Alasan mereka mendepak Dave karena dia seorang alkoholik sementara METALLICA sendiri membutuhkan waktu yang cukup untuk latihan yang khusus.

Mereka membelikan tiket bus ke Dave dan menyuruhnya untuk untuk pulang. Sebuah pemecatan yang membuat Dave dendam abadi kepada mereka, yang pada akhirnya Dave memutuskan untuk membuat sebuah band bernama MEGADETH.

Namun di dalam album tersebut ada peninggalan Dave untuk lagu 'Jump In The Fire', 'Phantom Lord', 'Metal Militia' dan 'The Four Horseman'.


NO. 4 MASUKNYA KIRK HAMMETT DI METALLICA
KIRK HAMMETT - METALLICA

Setelah didepaknya Dave Mustaine, METALLICA merekrut Kirk Hammett yang merupakan gitaris untuk band thrash metal lainnya yakni EXODUS. Kirk harus beradaptasi dengan cepat lantaran METALLICA akan segera masuk dapur rekaman.

Namun Kirk harus berhadapan dengan peninggalan Dave Mustaine yang membuat Kirk kelabakan. Dia harus bisa mengikuti lead solo gitar Dave, Kirk sendiri tidak mau mengikuti gaya alur dari Dave. Dia dan rekan-rekan pun sepakat hanya memakai beberapa bar lead solo Dave dan selebihnya di improvisasi sendiri oleh Kirk.

Penggarapan solo gitar ini membuat Dave menjadi iri dengan Kirk. Dave menilai Kirk menjadi terkenal karena memainkan solo gitar yang ditulsinya.


NO. 5 PENDAURULANGAN SEBUAH LAGU
METALLICA

Di beberapa lagu dalam album ini ada yang pernah dibawakan oleh personel band sebelumnya. Mereka mendaur ulang dan memodifikasi lagu tersebut.

'Hit The Lights' sendiri adalah lagu yang dulunya merupakan lagu dari band pertama James Hetfiled, LEATHER CHARM yang juga masuk dalam kompilasi Metal Massacre. Sama halnya untuk lagu 'The Four Horseman' yang ditulis oleh Dave Mustaine untuk band terdahulunya yaitu PANIC.


NO. 6 SEEK AND DESTROY DI ARENA WCW
SEEK AND DESTROY ON WCW 'STING'

Single 'Seek and Destroy' adalah lagu andalan untuk di album ini. Sting sang pegulat bebas WCW menggunakan lagu 'Seek and Destroy' sesaat dia memasuki arena gulat. Dan pada akhirnya WCW pun melisensi lagu tersebut.


NO. 7 TERJUAL 3 JUTA UNTUK ALBUM 'KILL 'EM ALL'


Kesuksesan di album ini, sangatlah luar biasa, METALLICA mendapatkan 3x sertifikasi Gold Platinum dari RIAA pada tahun 1999 silam. Sampai sekarang pun album tersebut masih diminati oleh setiap orang diseluruh dunia.


NO. 8 SEEK AND DESTROY SELALU MENJADI ENDING DALAM KONSER
SEEK AND DESTROY

Tradisi 'Seek and Destroy' ini dimulai pada tahun 2003 silam sejak merayakan ulang tahun album 'Kill 'Em All' yang ke-20. Dan pastinya di Jakarta nanti akan menutup dari akhir perjumpaan konser METALLICA dengan lagu 'Seek and Destroy'. Lihat saja nanti.


NO. 9 REUNI BESAR-BESARAN METALLICA


Saay perayaan ulang tahun yang ke-30, METALLICA menghelat sebuah konser akbar yang tidak bakal dilupakan oleh semua fans yang hadir. METALLICA mengadakan reuni besar-besaran semua personel dari era ke era termasuk Dave Mustaine. Dan ini adalah sebuah konser yang begitu bersejarah bagi semua fans METALLICA diseluruh dunia.


NO. 10 'KILL 'EM ALL' ON SHOES
VANS


Diseluruh dunia die hard METALLICA pastinya mempunyai sepatu ini. Sebuah merek sepatu ternama VANS turut merayakan ulang tahun album 'Kill 'Em All' yang ke-30. Vans sendiri mendesain sepatu seperti layaknya cover album 'Kill 'Em All'. Dan pastinya sepatu ini menjadi top seller yang masih diminati sampai sekarang.
[Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment