Saturday, July 20, 2013

10 LOGO BAND PUNK TERPOPULER DI DUNIA

@BANJARSARI UNDERGROUND

Sejak gelombang pertama Punk mengguncang dunia musik di pertengahan tahun 70-an. Band telah memberi kita beberapa maskot yang paling ikonik terkenal di dunia. Ada 10 maskot Punk yang terbaik bahkan terkenal di seluruh dunia. Dengan catatan kami tidak memberikan no urutan karena keseluruhan maskot semuanya sama-sama luar biasa hebatnya atau anda kah yang akan memberi no urutan? Silahkan. Untuk lebih lanjut mari kita simak.




- CRIMSON GHOST LOGO

MISFITS

@BANJARSARI UNDERGROUND

Pertama kali muncul pada tahun 1979 di sampul single lagu mereka yang berjudul 'Horror Business'. MISFITS langsung dikenali berlogo tengkorak yang terinspirasi oleh karakter tituler 'The Crimson Ghost' sebuah film serial pada tahun 1946.

MISFITS mengambil visual di flm 'The Crimson Ghost' bukan hanya akan berubah sebuah band tetapi suatu keuntungan bagi MISFITS yang meraup jutaan dollar atas item yang di pasarkan diberbagai dunia. Selain itu logo tengkorak milik MISFITS salah satu desain tato paling populer dari 30 tahun terakhir. 

NB: Di Indonesia banyak dijumpai logo bergambarkan tengkorak milik band legendaris punk ini, dari mulai baju, stiker, topi, sabuk, poster dan lain-lain.




- PINHEAD LOGO


RAMONES

@BANJARSARI UNDERGROUND

Kata Pinhead mungkin tidak akan langsung mengarahkan anda kepada RAMONES saat anda mencari dalam mesin pencari Google, ada beberapa kata Pinhead dalam pencarian tersebut. Terkecuali sepintar-pintarnya saja kita.

Band punk RAMONES terinspirasi untuk menulis lagu tersebut setelah melihat sebuah film tentang tontonan penyanyi dari tahun 1932 disebut sedikit trivia untuk 'Freaks'. Baik Madonna atau Blondie Deborah Harry telah bergabung satu panggung dalam kostum Pinhead pada kesempatan terpisah.

NB: Logo ini juga mudah ditemukan di Indonesia, baik dalam bentuk sabuk, poster dan lain-lain.




- SKELLY LOGO


SOCIAL DISTORTION

@BANJARSARI UNDERGROUND

SOCIAL DISTORTION adalah sebuah band campuran antara badass punk, rockabilly dan cowpunk. Secara visual diwakili oleh kerangka sedang memegang sebatang rokok dan segelas martini. Nama Skelly dikenal oleh para fans SOCIAL DISTORTION yakni SoCal. 

Skelly pertama dikenalkan ke dunia melalui sampul debut album mereka pada tahun 1983 yang berjudul 'Mommy Little Monster'

NB: Meskipun tidak besar penyebar luasan accessories untuk band ini, tapi saya yakin, di Indonesia pasti ada dalam bentuk stiker, pin, poster atau lainnya.




- DRUNK BUNNY LOGO


GREEN DAY

@BANJARSARI UNDERGROUND

Nah, bagaimana Drunk Bunny bisa menjadi populer? Saya juga tidak mengetahui alasannya bisa menjadi sangat populer di dunia, intinya Drunk Bunny adalah maskot dari band punk, GREEN DAY.

Meskipun berbulu pink dan beralkohol, Drunk Bunny memiliki lebih dari 27K followers di Facebook. Bulu pink dan bir selalu tertanam kaut dicakarnya. Kelinci mabuk ini telah dikenal oleh kalangan luas saat GREEN DAY akan pentas ke atas panggung dengan sambutan bak keramaian dari para penonton.

NB: Kalau Drunk Bunny ini kayaknya sulit ditemukan baik dalam bentuk sebuah poster, stiker atau lainnya. Atau mungkin di kota anda mudah dijumpai? Asalkan jangan Rabbit Pink untuk kado hari valentine saja, ok!




- BOY ON FIRE LOGO


BAD RELIGION

@BANJARSARI UNDERGROUND

Logo band yang terkenal lainnya yaitu BAD RELIGION, cross buster adalah logo untuk band BAD RELIGION yang dirancang oleh Jerry Mahoney. 

Boy on Fire pertama kali muncul di album yang berjudul 'Suffer' pada tahun 1988. Alhasil NOFX memberi upeti kepada BAD RELIGION (meskipun hanya membayar upeti dengan sentuhan humor saja) atas karya seni 'Suffer' di EP pada tahun 2001 silam.

NB: Saya yakin pasti di kota-kota Indonesia dapat dijumpai logo BAD RELIGION dalam berbagai bentuk.




- SKANKING MAN LOGO


CIRCLE JERKS

@BANJARSARI UNDERGROUND

CIRCLE JERKS sangat terkenal dengan mengenakan celana jeans sobek, gelang spike, sepatu bot dan sering berteriak 'fuck you'.

CIRCLE JERKS salah satu kelompok pertama yang berpengaruh untuk gelombang hardcore punk. Meskipun CIRLCE JERKS pernah menghiasi salah satu album mereka dengan menyertakan Skanking Man.

NB: Saya kurang yakin logo Skanking Man CIRCLE JERKS dapat dijumpai dengan mudah, tapi saya yakin dari seluruh Indonesia pasti dapat ditemui.




- FIRE SKULL LOGO


THE OFFSPRING

@BANJARSARI UNDERGROUND

Saya tidak yakin apakah THE OFFSPRING terinspirasi dari komik atau film 'Ghost Rider', may be yes-may be no. Atau apakah 'Ghost Rider' terinspirasi dari THE OFFSPRING, may be yes-may be no juga deh. Yang jelas Fire Skull adalah logo milik dari band THE OFFSPRING.

Fire Skull mulai muncul di dunia untuk album mereka 'Conspiracy of One' pada tahun 2000. Setelah vakum beberapa tahun dalam album, logo ini kembali muncul di sampul untuk single lagu 'Cruising California (Bumpin' in My Trunk)' tahun 2012.

NB: Nah yang ini pasti ada, terdapat dibeberapa wilayah di Indonesia. Saya yakin 99%.




- MILO LOGO


DESCENDENTS

@BANJARSARI UNDERGROUND

Logo Milo terinspirasi dari sang vokalis sendiri yaitu Milo Aukerman yang selalu mengenakan kacamata. Logo Milo dapat dijumpai dari mulai sampul album, t-shirt, gelas mug, sepatu dan segala sesuatu stiker maupun poster.

Logo Milo diambil karena sang vokalis yang kutu buku membuat anggota lain menjadikan dirinya sebagai logo band mereka. Aukerman vokalis, bekerja sebagai ahli penelitian biokimia saat band tidak menjalakan serangkaian tour.

NB: Kira-kira di Indonesia banyak dijumpai gak yah accessories logo milo DESCENDENTS? atau barangkali banyak dijumpai di kota-kota anda?




- MOHAWK LOGO


RANCID

@BANJARSARI UNDERGROUND

Logo dari band RANCID adalah Mohawk,dengan gaya rambut yang mohawk, spike dan berteriak ke mikrofon kuno dijuluki Mohawk.

Logo Mohawk sendiri mirip dengan vokalis sekaligus gitaris band yakni Tim Armstrong dan Lars Frederiksen. Logo Mohawk muncul pada tahun 1995 untuk album '...And Out Come the Wolves', dan sekarang vakum entah lagi akan muncul logo Mohawk tersebut. Dan yang jelas logo ini sangat terkenal di dunia dan mudah dijumpai dari muali bordir, stiker, t-shirt dan lain-lain.

NB: Saya yakin di Indonesia terdapat banyak accessories untuk logo band ini entah mulai dari t-shirt, sabuk, stiker dan lain-lain.




- RUNNING MAN LOGO


D.R.I.

@BANJARSARI UNDERGROUND

Tanda berhenti bergambarkan stop, dilarang parkir atau lain-lain. Disini D.R.I. memakai logo signs unutk sebuah simbol band mereka yang diberi nama Running Man. Tapi apakah anda tau cerita dibalik pembuatan logo tersebut?

Proyekan logo ini hasil dari sekolah seni di Amerika Serikat yang tadinya dibuatkan khusus untuk sebuah perusahaan rekaman Dirty Rotten Records untuk D.R.I. Tutur sang bassis band Eric Brecht.

Selain logo ini dijadikan simbol untuk sebuah rekaman Dirty Rotten Records milik mereka, tapi logo ini hanya diterapkan untuk band saja tidak untuk studio perusahaan rekaman.

NB: Saya yakin di Indonesia banyak dijumpai logo band D.R.I. mulai dari poster, pin, stiker bahkan t-shirt. Mohon maaf jika ada salah kata. [Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment