Monday, April 29, 2013

10 BAND METAL COVER LAGU NON-METAL



Kreativitas seorang musisi tidak ada batasnya. Mereka terus mengeksplorasi musik untuk mendapatkan suatu kepuasan tersendiri.

Terkadang mereka juga mencari mainan baru dengan mengcover lagu orang lain yang disesuaikan dengan genrenya. Soal cover mengcover sudah ada sejak dulu, dan bagi para musisi ini adalah hal yang sah-sah saja. Uniknya saat ini para musisi berani lintas genre dan mengcover band favorit mereka.

Seperti halnya band metal berikut ini yang berani mengcover lagu-lagu yang jauh sekali dari metal. hasilnya ada yang benar-benar memukau ada pula yang terlalu berlebiha. Yuk kita simak satu persatu...


1. METALLICA - TURN THE PAGE (BOB SEGER)

Metallica mencoba bermain-main dengan mengcover lagu musisi favorit mereka yang direkam dan dimasukkan ke aklbum bernama Garage Inc. Dari deretan list lagu yang ada di album tersebut ang paling menonjol adalah lagu Turn The Page milik Bob Seger yang dirilis pada tahun 1973.

Lagu yang berarransemen rock and roll ini menjadi gahar ketika disentuh oleh Metallica. Cita rasa ballad heavy metal mengalun dengan lambat di awal dan menghentak di bagian akhir.



2. MARILYN MANSON - SWEET DREAMS (EURYTHMICS)
Pangeran kegelapan, Marilyn Manson mencoba menggali musik tahun 80-an untuk dipersembahkan lagi dengan nuanasa yang lebih baru. Single ini sebelumnya dipopulerkan oleh Eurythmics sebuah duo asal Inggris yang digawangi oleh Annie Lennox dan David Stewart.

Hasilnya sangat beda dan jauh sekali dari aslinya. Marilyn Manson memberikan sentuhan yang gelap. Seakan mimpi manis ini berubah menjadi mimpi buruk yang menakutkan dan membuat kita takut untuk tidur kembali.


3. DISTURBED - SHOUT (TEARS FOR FEARS)
Di debut albumnya, Disturbed mencantumkan cover Shout milik pop rock duo asal Inggris, Tears For Fears. Disturbed sepertinya mengembalikan kejayaan single yang pernah populer pada tahun 1984. Mengenai arransemennya, Disturbed hanya mengubah musiknya lebih cadas, namun untuk vokal, David Drainman tetap seperti aslinya, namun dengan ciri khasnya tersendiri.


4. SYSTEM OF A DOWN - SHAME (WU-TANG CLAN)
Single Shame milik grup hip hop Wu-Tang Clan, yang kontroversial ini coba dihidupkan kembali oleh System of A Down. Irama hip hop yang lekat berubah menjadi hentakan cadas dengan distorsi yang menyalak-nyalak. Dalam lagu ini dua personel Wu-Tang Clan, RZA dan Ol' Dirty Bastard juga turut berkolaborasi dengan Serj Tankian Cs.


5. RAGE AGAINST THE MACHINE - RENEGADES OF FUNK (BAMBAATAA)
Single klasik dari grup hip hop legendaris Afrika Bambaataa diulik kembali oleh grup band paling berbahaya di tahun 2000-an, Rage Agaisnt The Machine. Single ini menjadi rancak dibandingkan aslinya. Bagi RATM ini adalah tribute untuk grup yang menginspirasi mereka.


6. KORN - ANOTHER BRICK IN THE WALL (PINK FLOYD)
Hanya bisa terkesima dan tak mampu berkata apa-apa ketika grup band hip metal ini mengcover lagu paling bersejarah milik Pink Floyd. Korn berhasil menyajikan versi baru Another Brick In The Wall yang sama megahnya tanpa mengurangi esensi dari karya aslinya.


7. ALIEN ANT FARM - THE SMOOTH CRIMINAL (MICHAEL JACKSON)
Banyak musisi yang mencoba mengcover lagu-lagu dari King of Pop, Michael Jackson. Namun tak ada yang segila dan semantap Alien Ant Farm. Saat klip The Smooth Criminal ini muncul, semua orang seakan dibuat kaget dengan kenekatan mereka yang mengcover lagu ini dengan karakter suara yang sedikit sama.


8. DEFTONES - THE CHAUFFEUR (DURAN DURAN)
Band pengusung progresif metal, Deftones mencoba membuat gebrakan dengan mengusung salah satu single dari legendaris pop tahun 80-an. Single The Chauffeur milik Duran Duran dibawakan ulang oleh mereka, dan hasilnya sungguh memukau.


9. ATREYU - YOU GIVE LOVE A BAD NAME (BON JOVI)
Atreyu mencoba menggubah single You Give Love A Bad Name milik Bon Jovi menjadi gahar dan sesuai dengan karakter mereka. Sebenarnya cukup pas dan lumayan, namun scream di awal yang terlalu berlebihan membuat lagu ini sedikit aneh. Pasalnya arransemen musik hampir sama hanya tempo yang lebih cepat. Hanya bagian down tempo di tengah dan akhir lagu yang menjadikan sedikit berbeda.


10. MUSHROOMHEAD - CRAZY (SEAL)
Penyanyi Seal dikenal dengan lagunya yang romantis dan melankolis. Namun sontak berubah menjadi lagu agresif dan cadas ketika disentuh oleh gerombolan metal asal Cleveland. Mushroomhead menggubah secara keseluruhan lagu ini dan hampir tak dipercaya jika ini adalah lagu milik Seal.

No comments:

Post a Comment