Saturday, April 6, 2013

JUDAS PRIEST GARAP ALBUM BARU

March 13, 2013


Band metal veteran JUDAS PRIEST mulai menggarap album barunya. Band asal Birmingham, Inggris itu terakhir kali merilis album pada 2008 lewat album “Nostradamus”. Kini mereka akan kembali dengan rilisan ketujuh belas dalam karir mereka.

Kabar bahwa JUDAS PRIEST menggarap album baru diumumkan langsung di website mereka. 

“JUDAS PRIEST sedang berada di studio, menggarap album baru. Semuanya berjalan lancar.” Tulis mereka. Album baru ini akan menjadi debut album bagi gitaris Richie Faulkner yang baru masuk pada 2011 menggantikan gitaris original K.K Downing yang keluar karena sudah tak cocok lagi dengan band.

Kira-kira apa yang bisa diharapkan dari album baru JUDAS PRIEST ini? Vokalis Rob Halford mengatakan bahwa album baru ini akan memuat elemen-elemen album “British Steel” [1980] dan “Painkiller” [1990]. “Baru bisa terlihat secara umum, bagaimana bentuk dari album ini nantinya. Kalau aku harus mengatakannya, ada elemen-elemen dari ‘British Steel’ dan ‘Painkiller’ dalam kerangka nuansanya. Yang jelas ini akan menjadi rekaman metal solid yang berproses secara perlahan yang yang semoga membuat semua fans Priest seluruh dunia gembira. Setidaknya itu yang kuharapkan.” Tutur Rob Halford pada tahun 2012 lalu.

Tanggal rilis album ini belum bisa ditentukan. Meskipun Rob berkata kepada Billboard bahwa mungkin akan ada sesuatu [album] tahun depan, Rob juga beralasan bahwa masa sekarang sudah berbeda dengan masa mereka sebelumnya. “Aku ingat dulu tahun 80an kami keluarkan rekaman hampir tiap tahun. Dan itu adalah masa puncak tur-tur dunia. Tapi sekarang kita punya kemewahan dalam hal mengatur waktu. Karena memang sudah begitu adanya saat ini. Kami hanya ingin mengerjakan album ini, tapi kami akan melakukannya secara perlahan.” Katanya.




JUDAS PRIEST juga akan merilis sebuah DVD yang berisi rekaman konser mereka di Hammersmith Apollo. London, 26 Mei 2012 lalu. DVD berjudul “Epitaph” ini meskipun belum jelas tanggal rilisnya, namun dipastikan akan bisa ditonton oleh fans tahun ini.

JUDAS PRIEST adalah band veteran yang sudah terbentuk sejak 1969. Band ini menjadi salah satu kepingan penting dalam perkembangan musik heavy metal  bukan hanya secara musikal namun juga fashion. Gaya kostum mereka pada era 1970an -yang pada masa sekarang dikenal dengan sebutan gaya biker- menjadi salah satu gaya yang hingga kini masih diadopsi oleh banyak band.

Hingga kini JUDAS PRIEST telah merilis enam belas buah album. Album mereka yang paling sukses adalah “British Steel” yang mendapat sertifikasi platinum dan gold di Amerika Serikat dan Kanada. Album yang memuat hit “Breaking The Law” ini kemudian menjadi mata rantai yang semakin menjulangkan nama JUDAS PRIEST pada dekade 80an. Tujuh album mereka yang dirilis antara tahun 1980 hingga 1990 tidak ada yang tak mendapat sertifikasi gold atau platinum.

Pada tahun 1990 band ini sempat harus menghadapi pengadilan atas tuntutan keluarga dua orang remaja asal Nevada, AS yang bunuh diri setelah diduga mendengarkan lagu “Better Than You, Better Than Me” dari album JUDAS PRIEST , “Stained Class” [1978]. Namun kasus ini kemudian dinyatakan selesai setelah melalui sidang selama seminggu. Lagu “Better Than You, Better Than Me” sendiri sebenarnya adalah lagu cover version. Aslinya, lagu ini adalah milik band rock asal Inggris, Spooky Tooth.

Album terakhir yang dirilis JUDAS PRIEST adalah “Nostradamus” pada 2008. Album ini terjual sebanyak 42.000 keping di minggu pertama rilisnya di Amerika Serikat dan masuk peringkat 11 Billboard 200 Amerika Serikat. [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment