Saturday, April 6, 2013

CUPLIKAN LAGU BARU BLACK SABBATH

April 6, 2013


BLACK SABBATH akan merilis album barunya “13” pada 11 Juni 2013. Album ini menandai kembalinya BLACK SABBATH dalam produksi cakram rekaman dalam 18 tahun terakhir. Sebuah cuplikan lagu baru pun mereka keluarkan belum lama ini sembari mempublikasikan album artwork mereka.


Album “13” dikerjakan selama lima bulan sejak Agustus 2012 hingga Januari 2013. 

Secara kronologis, album ini merupakan album pertama BLACK SABBATH dalam 18 tahun terakhir, namun menjadi yang pertama dalam 35 tahun terakhir dengan formasi Ozzy-Geezer-Tony

Sebagian besar rekaman “13” dilakukan di Los Angeles bersama produser Rick Rubin. Rilisnya akan ditangani oleh Vertigo dan Universal Republic. Drum di album ini dimainkan oleh Brad Wilk, drummer Rage Against The Machine. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa drum di album ini dimainkan oleh Tommy Clufetos, yang pernah bermain untuk Ozzy Osbourne.

BLACK SABBATH merasa bahwa album ini menjadi bagian terpenting dalam karir mereka. “Kau tak bisa hanya mengulangi apa yang sudah pernah kau lakukan. Intinya harus bergerak maju.” Kata Tony.  Ozzy Osbourne kemudian menambahkan bahwa kesempatan mereka untuk terus bermain musik sudah tak lama lagi, karena mereka sudah uzur. “Kami mungkin sebentar lagi mati. Jadi selama masih bisa bermain [musik] dan bernyanyi, kami harus melakukannya.” Katanya.

BLACK SABBATH mengumumkan kembalinya mereka ke peta musik heavy metal pada November 2011. Awalnya drummer Bill Ward ikut dalam reuni tersebut. Namun keretakan internal kemudian terjadi yang berujung pada keluarnya Bill Ward. Reuni BLACK SABBATH juga sempat terkendala dengan sakitnya Tony Iommi karena kanker pada awal 2012. 

Meski demikian, mereka masih sempat menggelar tiga buah show di tahun 2012, salah satunya di Download Festival, Inggris pada bulan Juni. Semua show mereka di tahun 2012 dibantu oleh drummer Tommy Clufetos. Bulan Agustus 2012 mereka akhirnya mulai merekam album barunya dan baru selesai pada Januari 2013.

Sabbath berencana menggelar tur dunia untuk mendukung album baru mereka di Australia, Selandia Baru dan Jepang pada April- Mei 2013. Sementara jadwal untuk Amerika akan digelar pada Juli dan Agustus. [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment