Saturday, April 6, 2013

RANDY BLYTHE DINYATAKAN TIDAK BERSALAH

March 6, 2013


Vokalis LAMB OF GOD Randy Blythe akhirnya diputuskan tak bersalah atas tuduhan menyebabkan kematian fan di Republik Ceko tahun 2010 silam. Frontman 42 tahun itu kini bisa bernafas lega setelah harus melewati proses hukum selama hampir setahun atas kasus yang membelitnya itu.


Putusan tak bersalah atas diri Randy diumumkan pada Selasa, 5 Maret 2013 di Pengadilan Kota Prague, Republik Ceko. 

Hakim mengatakan bahwa mereka tak menemukan pertanggungjawaban pidana atas diri Randy terhadap peristiwa tewasnya seorang fan tersebut. “Kami tak menemukan bahwa terdakwa harus bertanggungjawab secara pidana. Kami hanya menemukan tanggung jawab moral, karena ada seorang fan tak berdosa yang meninggal dunia.” Kata Ketua Majelis Hakim Tomáš Kubovec. 



Hakim Tomáš melanjutkan bahwa putusan ini bukan berarti Randy bebas secara moral. “Jika dia melihat ada tanggungjawab moral, segeralah melakukan pembicaraan dengan keluarga korban dan melakukan apa yang sepantasnya dilakukan.”. 

Meski demikian masih ada satu hal yang mengganjal karena jaksa penuntut menyatakan akan mengajukan banding atas putusan hakim tersebut. Mereka akan mengajukannya dalam delapan hari.

Tapi setidaknya, atas perkembangan terbaru ini Randy boleh bernafas lega. “Aku diputus tak bersalah atas semua tuduhan. Aku bebas. Tapi mohon tetap doakan keluarga Daniel Nosek. Terima kasih atas support kalian.” Katanya melalui Instagram. 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga Daniel Nosek, fan yang tewas tersebut. “Terima kasih kepada keluarga Daniel Nosek karena tidak menyerangku melalui media serta untuk kata-kata sopan mereka selama sidang. Aku memahami rasa kehilangan mereka. Daniel adalah fan dari bandku. Aku sama sekali tak berniat melukai dia. Jika ternyata sistem hukum di Ceko mengharuskan aku masuk penjara, aku akan mematuhinya, layaknya seorang laki-laki. Jika aku diputus bebas, aku akan lakukan yang terbaik untuk memastikan kondisi seperti ini tak akan terjadi lagi dalam konser bandku dan juga band-band lain, sehingga para fans akan selalu aman.” katanya dalam pernyataan sebelum putusan dijatuhkan. 

Kabar bebasnya Randy dari tuntutan yang membelitnya mengundang reaksi positif dari banyak rekan sesama musisi rock dan metal. Beberapa di antaranya adalah Mike Portnoy, David Draiman, Jamey Jasta, Matt Heafy, Duff McKagan, Mark Hunter, Robb Flynn, Phil Labonte, Oderus Urungus, Michael Sweet serta beberapa band seperti Overkill, Unearth, Sylosis dan In Flames. Mereka semua merasa senang atas putusan tidak bersalah yang dijatuhkan kepada Randy. 

LAMB OF GOD juga tak ketinggalan menyampaikan kabar ini. “Randy sudah bebas. Randy sudah kembali. Sebarkan” tulis mereka di Twitter. Sementara gitaris LAMB OF GOD Mark Duane Morton, meski merasa lega namun juga merasa tak ada yang harus dirayakan dari putusan pengadilan ini. “Lega sekali [mendengar kabar] tentang temanku. Tapi kami juga mendoakan Daniel. Tak ada yang perlu ‘dirayakan’.” Tulisnya, juga di Twitter. 

Proses hukum atas kasus yang menimpa Randy ini dimulai pada Juni 2012 saat diaditangkap dan ditahan di penjara Pancrac di Prague atas dugaan menyebabkan kematian Daniel Nosek, seorang fan LAMB OF GOD dalam konser mereka di Prague pada tahun 2010. Tapi sekitar sebulan kemudian Randy dibebaskan dengan uang jaminan. 

Meski demikian, Randy bukan berarti bebas secara hukum. Pada akhir 2012 Randydidakwa atas tewasnya Daniel. Randy diduga ikut mendorong Daniel -yang naik ke atas panggung- kembali ke kerumunan penonton di depan panggung. Daniel kemudian terjatuh, kepalanya terbentur dan meninggal dunia sebulan kemudian. 

Proses pengadilan Randy dimulai pada Desember 2012 saat pengadilan Kota Prague, Republik Ceko menetapkan tanggal sidang. Sidang pertama kali dimulai pada 4 Februari 2013 namun kemudian ditunda pada 6 Februari 2013 karena kurangnya saksi-saksi. Sidang kemudian dilanjutkan lagi pada 4 Maret 2013 dan pada 5 Maret 2013, Randy pun diputus tak bersalah atas insiden itu. [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment