Saturday, April 6, 2013

LAGU BARU VOLBEAT KOLABORASI DENGAN KING DIAMOND "ROOM 24"

April 6, 2013


Band metal asal Denmark VOLBEAT merilis sebuah lagu baru “Room 24” dari album anyar mereka “Outlaw Gentlemen & Shady Ladies”. Yang istimewa, di lagu anyar ini VOLBEAT berkolaborasi dengan King Diamond, sesama musisi Denmark sekaligus veteran di kancah metal internasional.


Album “Outlaw Gentlemen & Shady Ladies” akan dirilis pada 9 April 2013. Ini merupakan album kelima dari band di mana Rob Caggiano [ex-gitaris Anthrax] baru saja bergabung. 

“Room 24” merupakan single kedua mereka dari album baru ini. Mereka sudah sempat merilis “Cape Of Our Hero” pada pertengahan Maret 2013. Klip untuk lagu ini juga sudah dirilis. 

Album anyar “Outlaw Gentlemen & Shady Ladies” direkam pada akhir 2012 hingga awal 2013. Rob Caggiano dan Jacob Hansen menjadi produser di album ini. Rob Caggiano –yang saat itu baru saja keluar dari Anthrax- awalnya hanya akan menjadi produser saja di album baru VOLBEAT. Namun setelah beberapa lama berada di Denmark dan bekerja menggarap album, dia malah ikut bergabung dengan VOLBEAT sebagai gitaris pada akhir Januari 2013. 

Michael Poulsen, vokalis/gitaris VOLBEAT merasa senang sosok King Diamond ikut muncul di album baru mereka. “Aku ini fan berat Mercyful fate dan King Diamond. King ada di album kami, itu sebuah keistimewaan. Biasanya, dia tak melakukan hal seperti itu. Dia menulis sendiri lirik-liriknya. Dan di lagu ini liriknya separuhnya ciptaanku, separuhnya ciptaan dia. Ceritanya tentang sesuatu yang aneh dan menakutkan. King adalah orang yang tepat untuk [tema-tema] seperti itu.” Ujar Poulsen. 

King Diamond adalah sosok senior dalam skena metal Denmark. Pria 56 tahun yang banyak dianggap sebagai salah satu musisi yang underrated ini terhitung sebagai salah satu elemen gelombang pertama black metal pada 1980 lewat bandnya saat itu, Mercyful Fate. King kemudian memutuskan bersolo karir dengan menggunakan namanya dan merilis sederetan album yang beberapa di antaranya cukup dikenal seperti “Them” [1988] dan “Abigail” [1987]. 

Sementara VOLBEAT terbentuk pada tahun 2000 di Kopenhagen, Denmark. Sebelum merilis “Outlaw Gentlemen & Shady Ladies” VOLBEAT sudah merilis empat buah album sejak 2005 hingga 2010. Album keempat mereka “Beyond Hell/Above Heaven” [2010] mendapat sertifikasi gold dan platinum di beberapa negara Eropa. 

VOLBEAT sudah punya jadwal show lumayan padat sejak April hingga Agustus 2013 di Amerika Utara dan Eropa untuk mendukung album baru mereka. Mereka antara lain akan tampil di Hellfest, Prancis dan Rock Am Ring, Jerman. Sementara di Amerika Serikat mereka antara lain akan muncul di Carolina Rebellion.

Volbeat – Room 24.



Secara keseluruhan ini bukan lagu yang buruk. In fact it’s a good song! Pas untuk dinyanyikan oleh King Diamond dengan ritme-ritme yang mirip dengan lagu-lagu bikinan King di album-albumnya. Dari rangkaian intronya sudah terasa atmosfir King Diamond. Vokal King juga bertanggungjawab. Orang ini meski sudah mulai uzur namun tidak kehilangan ‘kesetanannya’. Tehnik falsettonya susah ditandingi.




Satu-satunya hal yang mengganggu justru berasal dari Michael Poulsen. Entah kenapa dia tak bisa menghilangkan gaya nyanyinya yang mirip James Hetfield. Poulsen memang tumbuh menjadi remaja dan mulai nge-band di era saat Metallica sedang besar-besarnya di awal 90an. Tapi bukan berarti bahwa gaya menyanyinya harus mirip James Hetfield. Padahal vokal Poulsen manjadi satu-satunya aspek paling menonjol yang membedakan lagu ini dengan lagu-lagu King Diamond.  Dia seharusnya bisa menghilangkan ke-hetfield-annya itu. [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment