Saturday, April 6, 2013

EXODUS: KAMI TIDAK BUBAR!

April 5, 2013


Menyusul kabar bahwa EXODUS mengundurkan diri dari gelaran Maryland Deathfest XI bulan Mei 2013 mendatang, sejumlah spekulasi pun bertebaran, menyebutkan bahwa EXODUS bubar atau Gary Holt keluar. Meski sebelumnya dalam sebuah interview Gary sempat mengatakan bahwa dirinya tak akan keluar dari EXODUS, namun rumor tetap bergentayangan. Demi meredam rumor tak jelas, EXODUS akhirnya mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak bubar.

Pihak penyelenggara Maryland Deathfest XI mengeluarkan pernyataan pada 3 April 2013 bahwa EXODUS tidak jadi tampil di perhelatan itu pada tahun ini karena permasalahan personal. 

Pernyataan itu dikeluarkan melalui Facebook Maryland Deathfest. Mereka juga mengumumkan bahwa EXODUS telah digantikan oleh Sacred Reich, band thrash lawas asal Arizona. “Karena ada berbagai permasalahan dan isu personal dengan salah satu anggotanya, veteran thrash metal Bay Area San Francisco EXODUS tak bisa tampil di Maryland Deathfest XI pada tanggal 23-26 Mei 2013. Mereka akan digantikan oleh thrasher Arizona, Sacred Reich.” Demikian bunyi pengumuman itu. 

Pengumuman itu menimbulkan rumor dan spekulasi di kalangan para fans tentang kondisi EXODUS. Di internet bermunculan komentar-komentar dan spekulasi terkait masa depan EXODUS dan komitmen gitaris Gary Holt. Apalagi belakangan Gary Holt kerap diasosiasikan dengan SLAYER karena keterlibatannya bersama Toma Araya dkk sebagai gitaris sementara. 

Sehari setelahnya [4 April 2013], EXODUS mengeluarkan pernyataan melalui Facebook tentang kondisi mereka demi meredam spekulasi dan isu-isu tak jelas.

”Kami mengamati spekulasi-spekulasi, teori konspirasi atau komentar-komentar di internet tentang masa depan EXODUS dan juga tentang komitmen Gary Holt kepada band ini. Berikut adalah pernyataan kami untuk memperjelas keadaan berdasarkan kenyataan yang ada sekaligus untuk menghilangkan rumor-rumor.”

“Alasan kami membatalkan penampilan di Maryland Deathfest adalah karena komitmen Gary terhadap ayahnya yang mendadak sakit serius. Sebenarnya beberapa hari sebelum kami memulai Metal Alliance Tour 2013 [bersama Anthrax], kami sudah membuat rencana mencari orang untuk menggantikan Gary karena status ayahnya yang [saat itu] belum jelas. Namun setelah beberapa lama, ayahnya agak membaik dan berada dalam kondisi yang stabil. Meski demikian beliau masih belum sepenuhnya sembuh dan harus terus dipantau secara ketat. Ini tentu permasalahan private yang sebenarnya tak perlu diketahui publik. Kebetulan saja pengumuman dari Maryland Deathfest dan interview Gary [bahwa dia tak akan keluar dari EXODUS] muncul berdekatan, sehingga kami merasa harus menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.”

“EXODUS tidak bubar! Gary akan terus tampil di Metal Alliance tour sekaligus membagi waktunya untuk EXODUS dan Slayer di masa mendatang. Kami [bersama Gary] juga akan tampil di Hell & Heaven fest tahun ini di Guadalajara, Mexico. Setelah itu Gary akan pulang ke rumah untuk mengurus keluarganya.”

“Kami mohon maaf kepada Maryland Deathfest dan juga kepada fans EXODUS yang ingin menonton kami. Kami berharap semuanya bisa mengerti bahwa keluarga dan orang-orang yang kita cintai adalah prioritas utama.”

Pernyataan ini diharapkan bisa meredam rumor keretakan yang terjadi di EXODUS. Mereka saat ini tengah menjalani Metal Alliance Tour 2013 bersama Anthrax, High On Fire, Shadows Fall, Municipal Waste dan Holy Grail di Amerika Serikat dan Kanada sejak Maret hingga akhir April 2013. Mereka sudah berkomitmen untuk menyelesaikan tur tersebut. 

Tentang album baru, meski Gary Holt mengaku sudah membuat beberapa bakal lagu selama dua tahun terakhir, namun belum jelas kapan EXODUS akan mulai mempersiapkan materi-materi album barunya. Rilisan terakhir EXODUS adalah album “Exhibit B : The Human Condition” pada tahun 2010. Album yang mengandalkan single “Downfall” itu terjual sebanyak 4.600 keping di Amerika Serikat dan masuk posisi 114 Billboard 200. [Maggot Team/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment