Saturday, April 6, 2013

PRODUSER COLIN RICHARDSON TINGGALKAN CARCASS DEMI ALBUM BARU TRIVIUM?

March 30, 2013


Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa produser Colin Richardson berhenti di tengah jalan saat proses penggarapan album baru CARCASS belum selesai. Colin memutuskan berhenti saat tiba di tahapan mixing. CARCASS pun kemudian menggandeng Andy Sneap sebagai pengganti Colin untuk me-mixing album itu. Belakangan terungkap bahwa -kabarnya- Colin memutuskan berhenti karena akan me-mixing album band lain.


Colin Richardson berhenti menangani album baru CARCASS sekitar dua minggu sebelummixing. Saat itu vokalis/bassist CARCASS Jeff Walker hanya mengungkapkan seperlunya bahwa Colin berhenti di tengah jalan.

“Dia berhenti kemarin. Dua minggu sebelum mixing dan dia memutuskan untuk tidak melanjutkan. Jadi Andy Sneap kemudian mengambil alih. Nampaknya dia [Colin] punya masalah dengan mixing sehingga tak mau melanjutkan. Ada banyak alasan untuk hal itu, tapi yang utama dia menyebutkan bahwa dia kelelahan.” Ungkap Jeff Walker saat interview dengan El Santuario Del Rock di Colombia pada 22 Maret 2013 lalu. 

Namun pada konser di London, 26 Maret 2013, di atas panggung Jeff mengatakan kepada penonton bahwa sebenarnya Colin Richardson berhenti menggarap album baru CARCASS karena akan me-mixing album baru Trivium. “Aku melakukan interview dengan sebuah stasiun radio Colombia. Saat itu aku mencoba diplomatik [terkait berhentinya Colin Richardson]. Aku katakan, dia berhenti kerena kecapekan. Kalian mau tahu kenapa sebenarnya dia berhenti? Dia mau me-mixing album baru Trivium.” Kata Jeff di atas panggung. 

Entah benar atau tidak apa yang dikatakan oleh Jeff, namun album baru Trivium memangsudah selesai direkam pada awal Maret 2013. Album yang diproduseri oleh David Draiman ini nampaknya juga sudah akan memasuki proses mixing.

Colin Richardson sebenarnya adalah produser yang sudah sangat dekat dengan CARCASS. Dia adalah produser yang menggarap album CARCASS sejak “Symphonies Of Sickness” [1989] hingga yang terakhir “Swansong” [1996]. Berhentinya Colin sebelum menyelesaikan tugasnya di CARCASS sempat membuat fans berspekulasi bahwa CARCASS dan Colin Richardson mengalami perselisihan. Apalagi kemudian Jeff Walker menyebutkan bahwa Colin berhenti karena akan me-mixing album baru Trivium. 

Album baru CARCASS “Surgical Steel” sudah selesai direkam sejak Februari 2013. Empat belas lagu telah siap dirilis tahun ini, namun masih belum jelas tanggal pastinya. Ini merupakan album pertama CARCASS dalam tujuh belas tahun terakhir. Band ini terakhir kali merilis album pada 1996. Album bertitel ‘Swansong” itu menjadi album terakhir mereka, karena band ini bubar pada tahun yang sama. 

Formasi baru CARCASS saat ini adalah Bill Steer [gitar], Jeff Walker [vokal/bass] dan Daniel Wilding [drum]. Penampilan perdana formasi ini adalah di The Underworld, London, Inggris 26 Maret 2013. Bersama mereka juga tampil gitaris Ben Ash, ex-gitaris Liquified Skeleton, band brutal death metal asal London yang bubar pada 2005. Silakan tonton penampilan mereka via footage di bawah ini. [Chimot/Banjarsari/Underground]

No comments:

Post a Comment