Saturday, April 6, 2013

KONFLIK INTERNAL SLAYER BELUM TEMUI TITIK TERANG

March 6, 2013


Perselisihan yang terjadi dalam tubuh SLAYER nampaknya masih belum menemui solusi. Sejak Dave Lombardo digantikan untuk tur Australia pada Februari lalu, para personil SLAYER masih bungkam tentang apa yang terjadi dalam band mereka. 


Dave memang sempat bicara tentang kondisi finansial bandnya yang membuatnyadidepak dari tur Australia. Namun belum ada penjelasan dari teman-temannya di SLAYER tentang apa yang diungkapkan Dave itu.

Kerry King, dalam interview dengan Soundwave TV Australia, tidak menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Kerry hanya mengatakan bahwa dirinya terpaksa mengambil keputusan itu karena tak mau mengacaukan jadwal di Australia. “Sayangnya Dave tak bisa ikut bersama kami. Tapi aku punya rencana cadangan untuk jaga-jaga. Karena aku tak mau mengacaukan [tur] Australia. Bisa dibayangkan betapa menyebalkannya kalau itu sampai terjadi kan? Jadi kulakukan yang terbaik menurutku.” katanya.

Hingga Kerry atau Tom memberikan penjelasan atas apa yang sebenarnya terjadi di SLAYER, isu finansial yang diungkap oleh Dave Lombardo hanya akan mendapat sorotan sebelah pihak dan membuat penilaian publik menjadi tak seimbang. Kebanyakan orang kini menganggap bahwa Kerry adalah pihak yang terlalu dominan, sedangkan Dave terlihat sebagai personil yang mengungkapkan apa yang dipikirkannya, namun dikesampingkan. 

Dave Lombardo pun sempat mengucapkan terima kasih kepada para fansnya atas dukungan mereka dalam permasalahan ini. “Aku selalu tahu bahwa fansku memang luar biasa. Dan dua minggu terakhir benar-benar membuktikan hal itu. Betapa bersemangat, sportif dan tulus mereka sesungguhnya. Terima kasih atas segala tanggapan kalian. Semoga kita bisa bertemu segera.” Tulis Dave di Facebooknya pada 5 Maret 2013. 

Belum lama ini, Nicko McBrain, drummer Iron Maiden juga mengeluarkan pendapatnya tentang kondisi yang menimpa SLAYER.  “Aku sedih hal ini bisa sampai terjadi. Tapi memang saat kita menemui suatu kejanggalan di band kita dan lalu mengungkapkannya ke teman band dan tidak ditanggapi dan malah diancam akan digantikan posisinya, itu artinya kamu haru siap-siap dengan segala yang mungkin terjadi. Aku sedih karena Dave Lombardo adalah bagian besar dari band. Dia sangat dikenal dan berkarakter. Ada banyak drummer bagus, tapi Dave adalah salah satu master.  Dia adalah SLAYER bersama dengan Kerry dan juga yang lainnnya. Kerry nampaknya terlalu berlebihan dan mungkin akan menyesalinya kelak. Kuharap mereka bisa duduk bersama dan menyelesaikan permasalahan mereka.” Kata Nicko dalam interview dengan Broward Palm Beach New Times.

Album Baru Masih Tertunda



Interview Kerry dengan Soundwave TV juga sempat menyinggung penggarapan album baru SLAYER. Meski Kerry King mengatakan dia sudah punya sebelas lagu, namun mereka ternyata belum mendapatkan produser. Kerry bahkan bilang dia tak tahu siapa yang akan memproduserinya dan siapa saja yang akan bermain di album baru.

Nama Greg Fidelman dan Rick Rubin sempat disebut-sebut akan menjadi produser, namun hingga kini belum ada kepastian tentang kerjasama mereka. SLAYER hanya sempat merekam dua lagu bersama Greg Fidelman tahun 2012 lalu, namun hingga kini belum di-mixing. Dua lagu itu tadinya akan dirilis sebagai EP, namun dibatalkan.

Tapi yang lebih penting ketimbang produser, adalah siapa yang akan memankan drum di album baru SLAYER nanti. Jika perselisihan dengan Dave tidak segera kelar [sementara Dave adalah drummer yang ikut dalam proses penulisan lagu-lagu baru mereka], mungkin saja para fans SLAYER masih harus menunggu lebih lama lagi sampai album baru mereka dirilis. “Aku sudah menyiapkan banyak materi baru. Dan aku mengerjakannya bersama Dave. Belum kuputuskan [selanjutnya].” Kata Kerry. 

Kondisi SLAYER beberapa tahun terakhir memang sedang kurang baik. Sakit yang dialamiJeff Hanneman, penggarapan album yang tertunda-tunda, dan keretakan dengan Dave Lombardo adalah beberapa permasalahan yang dialami mereka. Dalam beberapa kesempatan, Kerry King juga sempat mengeluarkan komentar yang seperti menjelaskan bahwa bandnya sedang tidak dalam kondisi yang baik . 

Dengan kondisi seperti ini, fans mereka nampaknya memang hanya bisa bersabar dan berdoa semoga tensi dan masalah-masalah yang dialami SLAYER bisa cepat mereda dan mereka bisa kembali bekerja menggarap album barunya sejak terakhir kali mereka merilis album pada 2009. [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment