Saturday, April 6, 2013

MANTAN DRUMMER IRON MAIDEN MENINGGAL DUNIA

March 14, 2013


Mantan drummer IRON MAIDEN Clive Burr meninggal dunia pada 12 Maret 2013. Clive meninggal dalam usia 56 tahun setelah kesehatannya semakin menurun sejak didiagnosa menderita multiple sclerosis atau penyakit sistem syaraf yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang. Sejumlah ucapan duka pun mengalir dari para musisi cadas atas kepergian Clive Burr. 


IRON MAIDEN mengumumkan meninggalnya Clive Burr di website mereka pada 12 Maret 2013. Meski sudah tak menjadi personil, Clive masih dianggap sebagai bagian dari band besar itu. 

“Kami sangat sedih mendengar berita bahwa Clive Burr telah meninggal dunia tadi malam. Kesehatannya semakin menurun setelah didiagnosa terkena multiple sclerosis. Dia meninggal dengan tenang di rumahnya saat tidur.” Demikian pernyataan IRON MAIDEN. 



Bassist IRON MAIDEN Steve Harris sebagai adalah salah satu orang yang pernah merasakan bekerjasama dengan Clive Burr dalam beberapa album awal IRON MAIDEN juga ikut berduka. “Ini berita yang sedih. Clive adalah teman lama kami semua. Dia orang yang baik dan seorang drummer yang hebat, punya kontribusi yang bernilai kepada MAIDEN di awal-awal karir kami dulu.” Kata Steve. 

Meninggalnya Clive Burr juga mengundang rasa belasungkawa dari musisi-musisi cadas. Beberapa di antaranya adalah Dave Lombardo [Slayer], David Ellefson [Megadeth], Slash, Tom Morello [Rage Against The Machine], Charlie Benante [Anthrax] dan Richie Faulkner [Judas Priest]. 

“Gayanya merupakan sesuatu yang menginspirasi dan album-album yang direkamnya bersama IRON MAIDEN adalah batu ujian bagi edukasi musikku.” Kata Dave Lombardo. Senada dengan Lombardo, Dave Ellefson juga menyatakan bahwa Clive Burr merupakan salah satu drummer kesukaannya. “Dia salah satu drummer favoritku. Aku berterima kasih atas musik dan kontribusinya.” Katanya. 

Clive Burr lahir pada 8 Maret 1957 di East Ham, London, Inggris. Sebelum bergabung dengan IRON MAIDEN, Clive merupakan drummer Samson, sebuah band hard rock Inggris pada tahun 1977. Clive kemudian bergabung dengan IRON MAIDEN pada 1979 menggantikan drummer sebelumnya, Doug Sampson. 

Clive menjadi drummer pertama IRON MAIDEN yang bermain dalam rekaman album. Dia bermain di tiga album pertama IRON MAIDEN yaitu debut album “Iron Maiden” [1980], “Killers” [1981] dan “The Number Of The Beast” [1982]. Clive meninggalkan IRON MAIDEN pada 1982 karena permasalahan personal. Posisinya kemudian diisi oleh Nicko McBrain hingga kini. 



Penyakit multiple sclerosis yang dideritanya telah membuat Clive bangkrut dan bahkan berhutang. IRON MAIDEN mengadakan beberapa kali konser amal untuk membantu pengobatan Clive. Mereka juga terlibat dalam pendirian Clive Burr Multiple Sclerosis Trust Fund pada tahun 2002 untuk mengumpulkan dana bagi pengobatan Clive. 

Penyakit multiple sclerosis yang diderita oleh Clive merupakan jenis penyakit syaraf yang menyerang otak dan sumsum tulang, menyebabkan penderitanya akan mengalami mati rasa dan susah menjaga keseimbangan. Clive Burr pun terpaksa menggunakan kursi roda karena kondisinya tersebut.

Vokalis IRON MAIDEN Bruce Dickinson mengenang Clive Burr sebagai sosok yang humoris dan tulus dalam menjalani hidup. “Dia itu orang yang hebat, menjalani hidupnya dengan tulus. Bahkan dalam masa-masa gelapnya dengan panyakit multiple sclerosis, dia tak pernah kehilangan rasa humor atau bertingkah tidak menyenangkan.” Kata Bruce yang hanya sempat terlibat rekaman dengan Clive Burr di satu album, yaitu “The Number Of The Beast”. [Chimot/Banjarsari/Underground]

No comments:

Post a Comment