Sunday, April 14, 2013

BASSIST DEFTONES CHI CHENG MENINGGAL DUNIA

April 14, 2013


Kabar duka muncul dari DEFTONES. Chi Cheng, bassist mereka yang selama hampir lima tahun terakhir berada dalam kondisi coma/semi-coma telah meninggal dunia pada Sabtu, 13 April 2013. Bassist lawas DEFTONES ini meninggal dunia dalam usia 42 tahun. 

Berita meninggalnya Chi Cheng dirilis langsung melalui pernyataan dari Jeanne, ibunda Chi Cheng lewat website OneLoveForChi.com, sebuah website yang sudah lama didirikan untuk mendukung kesembuhan Chi Cheng. 


“Ini sebuah berita yang sulit untuk dikabarkan kepada kalian.”


“Cinta, hati dan kesetiaan kalian kepada Chi sangat mengagumkan dan tak bersyarat. Aku tahu bahwa kalian akan selalu mengingatnya sebagai sesosok manusia besar di atas panggung dengan segenap hatinya untuk kalian semua.”

“Dia dibawa ke emergency room pukul 3 dini hari tadi. Jantungnya tiba-tiba berhenti. Dia meninggalkan dunia ini dengan aku menyanyikan lagu yang dia sukai di dekat telinganya.”


“Dia sudah berjuang dengan luar biasa. Kalian mendukungnya dengan rasa cinta kalian. Dia tahu dia dicintai dan tak pernah sendirian. “



“Aku akan kabarkan lebih jauh tentang hal ini nanti lewat OneLoveForChi.com. Jika kalian punya cerita atau pesan-pesan yang bisa dibagikan, silakan share di situs OneLove.”


“Tolong doakan Mae dan Ming dan para saudara, dan terutama anak Chi, Gabriel.”


“Dengan sepenuh cinta dan rasa hormat, Mom J [dan Chi]”

Meninggalnya Chi Cheng juga dikabarkan di Facebook vokalis Chino Moreno hari ini [14/04/13]. Di sana tertulis “Rest In Peace Chi Cheng” yang kemudian di-share oleh banyak orang hingga lebih dari 1000 kali. 

Chi Cheng pernah berada dalam keadaan koma setelah mengalami kecelakaan mobil fatal pada tahun 2008 di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Koma yang dialami Chi Cheng berlangsung hingga tahun 2010 saat dia dinyatakan membaik dan berada dalam kondisi semi koma. 

Tahun 2011 Chi Cheng mulai menjalani rehabilitasi dan beberapa operasi tambahan. Pada Februari 2012, kondisinya semakin membaik setelah dinyatakan berada dalam kondisi setengah sadar serta mulai bisa menggerakkan kakinya secara perlahan, meskipun belum mampu bicara ataupun bergerak banyak. Pada Juni 2012 dalam kondisi masih belum sepenuhnya sadar, Chi Cheng sempat didiagnosa terkena pneumonia atau radang paru-paru, namun kemudian kondisinya kembali dikabarkan membaik. 



Chi Cheng terlahir dengan nama Chi Ling Dai Cheng pada 15 Agustus 1970 di California, AS. Menurut catatan Recordnet.com, Chi sempat kuliah di California State University sebelum bergabung dengan DEFTONES. Chi punya seorang anak laki-laki bernama Gabriel.

Chi Cheng merupakan bassist lawas DEFTONES sejak tahun 1988. Bersama Chino dkk, Chi telah merilis lima album. Yang terakhir adalah “Saturday Night Wrist” yang dirilis pada 2006. Selama hampir lima tahun terakhir sejak Chi mengalami coma, posisi bass di DEFTONES diisi oleh Sergio Vega dari band post hardcore Quicksand. DEFTONES telah merilis dua album tanpa Chi Cheng, yaitu “Diamond Eyes” [2010] dan yang terbaru “Koi No Yokan” [2012]. 

Sebagian biaya pengobatan Chi Cheng dihimpun dari donasi teman – teman dan para fans. Sementara DEFTONES sendiri beberapa kali telah mengadakan konser amal untuk mengumpulkan dana bagi kesembuhan Chi Cheng. Salah satunya adalah ketika mereka mengadakan konser di Avalon, Hollywood pada November 2009. Beberapa nama ikut tampil dalam konser dua malam itu antara lain Greg Puciato [Dillinger Escape Plan], Tommy Lee [Motley Crue], Mike Shinoda [Linkin Park], Dave Lombardo [Slayer], Alexi Laiho [Children Of Bodom], Max Cavalera [Soulfly], serta tiga personil System Of A Down. "Rest In Peace Chi" [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment