Saturday, April 6, 2013

GARY HOLT HERAN EXODUS DICEKAL DISNEY

April 2, 2013


Bulan Februari 2013 lalu salah satu pionir thrash metal EXODUS diberitakan telah dicekal oleh Walt Disney corporation. Mereka dilarang tampil di beberapa venue dalam tur mereka kali ini, dikarenakan venue-venue tersebut adalah milik perusahaan Disney. Gitaris Gary Holt sampai terheran-heran dengan pencekalan yang dialami bandnya. 


Pada 22 Maret 2013 EXODUS dilarang bermain di House Of Blues, Anaheim, Californiavenue pertama yang masuk dalam jadwal Metal Alliance Tour 2013 yang dijalani EXODUS bersama Anthrax, Municipal Waste dan tiga band lainnya. EXODUS menjadi satu-satunya band yang tidak tampil hari itu.

Kepada OC Weekly, gitaris Gary Holt mengaku tak paham mengapa bandnya bisa dicekal oleh Disney.

“Ini menggelikan sekali. Cradle Of Filth dijadwalkan bermain di sana dan juga di venue-venue punya Disney lainnya sebelum tur mereka dibatalkan belum lama ini. Tapi aku tak mendengar Disney mencekal mereka. Padahal di t-shirt mereka yang paling kondang ada tulisan dengan huruf besar yang merendahkan Yesus.” Ujar Gary terheran-heran. 

Namun Gary juga mengira-ngira bahwa Disney mungkin mempertimbangkan tentang keamanan dan keselamatan penonton. “Mungkin mereka lebih khawatir dengan [keselamatan] penonton. Tapi entahlah. Kami memang punya banyak lagu yang cadas. Tapi lagu-lagu kami juga menyampaikan pesan yang baik melalui lirik-liriknya. Mungkin yang ditakutkan Disney adalah [jika penonton melakukan] Wall Of Death”. Demikian analisis gitaris yang kini juga sedang membantu Slayer ini. 

Venue lain yang juga 'terlarang' bagi EXODUS adalah House Of Blues, Buena Vista, Florida. Venueitu juga masuk dalam Metal Alliance Tour 2013. Band-band metal ini dijadwalkan tampil di sana pada 12 April 2013. EXODUS harus kembali absen, namun mereka mengaku sudah punya show pengganti untuk hari itu di kota Tampa.

EXODUS memang tengah menjalani Metal Alliance Tour 2013 bersama Anthrax, High On Fire, Shadows Fall, Municipal Waste dan Holy Grail di Amerika Serikat dan Kanada sejak Maret hingga akhir April 2013. Beberapa venue dalam tur ini ternyata merupakan property milik Disney, sehingga EXODUS –yang dianggap terlalu metal- tidak bisa ikut tampil di beberapa jadwal. Agak mengherankan memang kenapa hanya EXODUS yang kena cekal sementara band lain dalam tur yang sama tetap bisa melakukan konsernya.

EXODUS bukanlah satu-satunya band yang kena cekal oleh Disney. Sebelumnya, band-band seperti Machine Head, Daath, The Faceless, Snot, dan Gallows juga pernah dicekal oleh perusahaan raksasa berusia 90 tahun yang bergerak di bidang media dan hiburan itu. [Chimot/Banjarsari Underground]

No comments:

Post a Comment